Sebarkan Semangat Menghafal Alquran, Rian D'Masiv Gandeng Virzha

Jum'at, 08 Maret 2019 - 15:30 WIB
Sebarkan Semangat Menghafal Alquran, Rian DMasiv Gandeng Virzha
Sebarkan Semangat Menghafal Alquran, Rian D'Masiv Gandeng Virzha
A A A
JAKARTA - Musik merupakan bahasa universal yang mana pesannya dapat ditangkap oleh siapapun kapanpun. Melalui musik, sebuah pesan dapat dengan mudah disampaikan. Nah di era digital seperti sekarang, orang dengan gampang mengunduh musik yang diinginkan hanya melalui telepon pintar.

Atas latar belakang inilah yang membuat Daarul Qur'an menginisiasi sebuah project apik, Daqu Project. Bukan sekadar ingin menyajikan musik sebagai hiburan semata, tapi pesan besarnya ingin mengajak umat Islam, khususnya generasi muda untuk menghafalkan Alquran lewat medium musik.

Lewat Daqu Voice, Kali ini Daqu Project kembali merilis single bertajuk Indonesia Menghafal Alquran, dengan mengaransemen ulang lagu ini. Serunya lagi, Virzha ikut dilibatkan sebagai vokalis dalam project sosial ini yang rumornya tak dibayar untuk terlibat dalam proyek ini.

Lirik lagu ini diharapkan mampu memberikan semangat bagi anak muda untuk mencintai Alquran. “Ayo Indonesia bisa, Menghafal Alquran, Jadikan panduan dalam kehidupan, Indonesia kita bisa Jadi generasi yang cemerlang, Jadi generasi yang gemilang,” demikian bunyi sepenggal lirik lagu tersebut.

Melalui lirik lagu yang sarat pesan dan makna ini, Ketua Daarul Qur'an Tarmizi Ashidiq dan Benny Hadislani selaku pencipta lagu ingin mengajak semua umat Islam menghafal Alquran. Tujuannya agar bisa menjadi panduan, terutama bagi milenial untuk hidup ke arah yang lebih baik.

Bukan cuma Virzha, proses kreatif lagu ini juga melibatkan Rian Ekky Pradipta, vokalis D’Masiv atau yang dikenal dengan Rian D’Masiv sebagai music director. Keterlibatan Rian membuat aransemen musik semakin apik membungkus lirik dengan sangat rapat dan hampir tanpa cela.

Lantas, bagaimana Rian bisa ikut terlibat langsung dalam penggarapan project keren ini? Dalam wawancara melalui sambungan telepon kepada SINDO, pelantun Cinta Ini Membunuhku mengaku dirinya terlibat dalam project ini ketika mengunjungi korban gempa Lombok beberapa waktu lalu bersama Daarul Qur'an.

Saat itu, Daarul Qur'an membuat gerakan membangun 1.000 Rumah Tumbuh dan Rumah Tahfidz untuk para korban gempa Lombok. Gerakan ini juga membina anak-anak korban gempa untuk bisa membaca Alquran. "Ternyata banyak kegiatan dan program yang cukup menggerakkan hati saya untuk ikutan dalam project ini. Ternyata tidak melulu soal uang, tapi bagaimana kita bisa memberi manfaat bagi banyak orang," kata Rian.

Sebagai proyek pertama, Daqu Project merilis sebuah lagu berjudul Indonesia Menghafal Al-Quran. Lagu ini dinyanyikan oleh Virzha, sementara Rian berperan sebagai music director.

Dari situlah Rian terlibat dalam sebuah karya yang hasilnya dimanfaatkan untuk membantu orang lain. Menurut Rian, ketika ada anak yang bisa membaca Alquran maka akan didukung. Misalnya dengan memberikan beasiswa hingga ke jenjang pendidikan yang jauh lebih tinggi. Ayah 2 anak ini mengaku sangat mendukung anak-anak penghapal Alquran. Dia bahkan siap memberikan beasiswa untuk anak-anak yang tidak mampu.

"Menurut aku ini adalah kegiatan yang luar biasa. Harusnya saya bisa meluangkan waktu untuk hal-hal seperti ini ketimbang melulu mikirin bisnis atau uang dari pekerjaan saya sebagai musisi," tutur Rian.

Vokalis kelahiran Yogyakarta, 17 November 1986 ini mengungkapkan bahwa lewat project mulia seperti ini diharapkan ke depan bisa lahir pemimpin di Indonesia yang bisa membaca dan menghafal Alquran. Rian juga bersyukur bisa mengajak Virzha yang secara ikhlas menyumbangkan suaranya dalam project ini untuk mengajak semua orang terutama anak muda untuk menghafal Alquran. “Itu sih yang keren,” ucap Rian.

Dalam waktu dekat Daqu Project juga akan merilis album, dengan melibatkan beberapa musisi nasional. Lagu Indonesia Menghafal Alquran ini menjadi salah satu single di dalamnya. Sampai berita ini ditulis, video Daqu Project feat Virzha, Indonesia Menghafal Al-Qur'an di laman Youtube, sudah ditonton 12.413 kali ditonton dan 1.000 kali dibagikan.

Sebagai informasi, keterlibatan Rian yang mengajak Virzha dalam proyek musik yang digagas Daarul Quran dengan nama Daqu Project. Proyek musik ini memiliki misi untuk memberikan motivasi bagi umat Islam untuk menghafalkan Alquran lewat musik lewat link youtube https://youtu.be/U2LCxQbN-UM ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)